Senin, 08 Juni 2020

REFLEKSI


Lokasi foto: Marina, Batam.

Wabah Covid-19 muncul pertama kali pada bulan Desember 2019 di Wuhan, salah satu kota di Tiongkok. Seluruh dunia terkena dampaknya. Korban jiwa dan kerugian secara ekonomi hampir merata di semua negara. Tak terkecuali Indonesia.

Dibulan Maret 2020 ditemukan kasus pertama penderita Covid-19 di Indonesia. Hingga update terakhir (7/6) penduduk Indonesia yang meninggal 1.851 orang.

Bulan puasa kemarin adalah puasa yang sepertinya akan selalu dikenang sepanjang masa. Bulan puasa di tengah wabah Covid-19. Shalat tarawih yang biasanya dilaksanakan di masjid, kali ini shalat di rumah saja. Shalat lima waktu dan shalat jum’at dibolehkan di rumah masing-masing. Demi memutus rantai penyebaran wabah Covid-19. Bahkan Masjidil Haram di Makkah ditutup untuk sementara waktu.

Sebelum masuk hari puasa di akhir Mei 2020 kemarin, pemerintah dan ulama telah menghimbau ummat muslim untuk melaksanakan ibadah di rumah saja.  

Sungguh suasana kemarin adalah ramadhan yang sangat berbeda sepanjang hidup. Sungguh ini kejadian yang mungkin takkan kita jumpai di masa yang akan datang. Dan semoga saja bukan malah permulaan untuk seterusnya.   

Bacaan: covid19.go.id/ Tausiyah MUI Nomor : Kep.1065/DP-MUI/IV/2020


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERQURBAN SEBAGAI BUKTI KETAATAN

Setiap kebaikan sejatinya bisa dilaksanakan kapan saja. Namun berqurban di hari Idul Adha (dan tiga hari setelahnya) adalah momentum istim...