Sabtu, 06 Juni 2020

NAGOYA - LUBUK BAJA


Lokasi foto: Nagoya, Batam.

Pertama kali menginjakkan kaki ke Kota Batam dan mendengar nama Nagoya, saya membayangkan bahwa di sini pernah ada perkampungan orang Jepang yang berasal dari salah satu kota di Jepang yaitu Kota Nagoya.

Ternyata saya keliru. Belakangan saya baru tahu bahwa daerah yang aslinya bernama Lubuk Baja ini, kenapa lebih dikenal dengan nama Nagoya bermula saat survey awal pengembangan Otorita Batam. Itu berlangsung di tahun 1960-an saat banyak orang Jepang terlibat dan berkemah di daerah ini.  

Ketika survey saat itu, ketika ditanya mau kemana, orang-orang menjawab, mau ke tampat orang Jepang itu, Nagoya. Dari mulut ke mulut lama kelamaan warga Batam terbiasa menyebut Nagoya dibanding Lubuk Baja.  Hingga saat ini.

Yang terkenal di Nagoya tentulah karena banyak tempat untuk berbelanja oleh-oleh dengan harga yang lebih murah dibanding di kota lain. Pengunjung yang datang ke Batam, sebelum kembali biasanya akan mencari oleh-oleh. Yang banyak diburu seperti tas, dompet, jam tangan, parfum atau coklat. Ada juga yang sekedar mencari souvenir khas Batam seperti gantungan kunci atau baju kaos bertuliskan Welcome to Batam.

Bacaan: detik.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERQURBAN SEBAGAI BUKTI KETAATAN

Setiap kebaikan sejatinya bisa dilaksanakan kapan saja. Namun berqurban di hari Idul Adha (dan tiga hari setelahnya) adalah momentum istim...