Selasa, 30 Juni 2020

MERESPON MASALAH


Lokasi foto: Jembatan Barelang, Batam.

"Hidup itu bukan mengenai seberapa berat masalah yang datang menghampiri kita, namun mengenai seberapa positif kita mampu merespon segala permasalahan tersebut." - Bambang Pamungkas

Setiap orang tentu tak lepas dari masalah. Selama masih hidup, masalah akan datang silih berganti. Tidak peduli apakah orang tersebut kaya atau miskin, masih belia atau sudah tua, berprestasi atau biasa-biasa saja, anak konglomerat atau anak singkong.  

Skala besar-kecilnya masalah tentu juga akan direspon sesuai dengan kapasitas orang tersebut. Ketika sebuah masalah datang, maka masalah tersebut akan menjadi batu ujian, bagaimana orang tersebut meresponnya, bagaimana cara menyelesaikannya dan bagaimana melewatinya.

Cara merespon setiap masalahan itulah yang menjadi pangkal penyelesaian masalah atau malah menjadi pangkal bertambahnya masalah.

Ada baiknya jika ada masalah kita persepsikan bahwa masalah tersebut akan menjadikan kita makin banyak pengalaman, makin banyak belajar hal baru, makin bijak dan dewasa. Bisa jadi pengalaman menyelesaikan masalah tersebut ternyata menjadi pengalaman yang paling berharga sepanjang hidup. Dan menjadi inspirasi bagi orang banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERQURBAN SEBAGAI BUKTI KETAATAN

Setiap kebaikan sejatinya bisa dilaksanakan kapan saja. Namun berqurban di hari Idul Adha (dan tiga hari setelahnya) adalah momentum istim...