Jumat, 05 Juni 2020

DATARAN ENGKU HAMIDAH



Lokasi foto: Dataran Engku Hamidah, Batam.

Engku Putri Raja Hamidah atau Engku Hamidah adalah sosok penting dalam Imperium Riau-Lingga-Johor-Pahang yang hidup di abad 18. Selain sebagai permaisuri, dia juga menjadi penasehat hingga pemegang teraju adat dan tradisi.

Tugasnya semakin vital karena menjadi Pemegang Regalia Kerajaan, yaitu alat kebesaran Kerajaan. Artinya, Engku Putri Hamidah memiliki kewenangan memilih, mengangkat, dan melegitimasi sultan baru.

Engku Hamidah dikenal teguh mempertahankan Regalia dan menjaga kedaulatan kerajaannya. Sebab, Inggris dan Belanda saat itu sudah merongrong kerajaan dengan politik kotor. Namun, Engku Hamidah melawannya dengan kata-kata yang sangat diplomatis.

Sebagai bentuk penghargaan kepada Engku Hamidah, namanya diabadikan di ikon baru Batam ini. Dataran Engku Hamidah diresmikan di bulan desember 2019. Tempat ini telah dilengkapi dengan lampu-lampu hias berwana-warni yang mencolok.

Sebelum ditata menjadi sebuah taman yang rapi dan bersih, tempat ini hanya berupa lahan hijau pembatas antara jalan utama dengan kawan perkotoan di area belakang jalan. 

Bacaan: batampos.co.id (14 Feb'20)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERQURBAN SEBAGAI BUKTI KETAATAN

Setiap kebaikan sejatinya bisa dilaksanakan kapan saja. Namun berqurban di hari Idul Adha (dan tiga hari setelahnya) adalah momentum istim...