Minggu, 26 Juli 2020

HUJAN


"Jangan melihat hujan dari apa yang jatuh, tapi pada apa yang akan tumbuh." - Agus Noor.

Beberapa hari belakangan ini Batam silih berganti turun hujan. Namun seperti biasa, setelah hujan tiba-tiba berganti cuaca yang cerah bahkan panas lagi. Pergantian ini pun kadang tidak merata di daratan Batam. Kadang kala di Batam Center hujan, di sekitaran Batu Aji tetap cerah. Inilah salah satu kekhasan cuaca di Batam.

Namun ditengah intensitas hujan yang makin sering turun belakang ini juga tentu sangat disyukuri. Sumber air utama Kota Batam yang berasal dari beberapa waduk mulai perlahan terisi oleh air hujan. 

Di pertengahan bulan Maret kemarin terjadi 'krisis' air. Telah diberitakan di media akan dilakukan pengiliran air. 5 hari on 2 hari off. Hal tersebut dilakukan karena makin terbatasnya air yang ada di waduk Batam. 

Dalam situasi tersebut, tanpa perlu diistruksi pemerintah, masyarakat bersiap-siap dengan berbagai persiapan. Dalam waktu singkat terjadi peningkatan kebutuhan akan tangki air. 

Tangki air yang khas berwarna orange dengan berbagai merek dan ukuran laris manis. Bahkan drum plastik biru bekas yang banyak dijual di Batam, juga menjadi incaran dimana-mana. 

Hingga akhirnya keputusan 'on-off' tersebut ditunda. Tentu keputusan tersebut menjadi hal yang disambut baik. Walaupun mungkin tangki air atau drum-drum telah terlanjur terbeli. Walaupun terbeli dengan harga yang tidak biasa.

Inilah salah satu bentuk inisiatif masyarakat Batam yang unik. Tak perlu dipaksa atau bahkan tanpa diberi instruksi oleh pemerintah. Karena air di Batam adalah kebutuhan yang sangat penting, maka berapapun harga tangki-tangki air, tetap dicari.

Semoga hujan yang turun di Batam tetap menjadi rahmat. Bukan menjadi bencana sebagaimana terjadi di Masamba, Sorong dan beberapa daerah di Indonesia belakang ini. 

Semoga korban bencana dimanapun berada diberikan kesabaran. Dan segera teratasi segala permasalahannya. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERQURBAN SEBAGAI BUKTI KETAATAN

Setiap kebaikan sejatinya bisa dilaksanakan kapan saja. Namun berqurban di hari Idul Adha (dan tiga hari setelahnya) adalah momentum istim...